Kombed, Tubular dan Tri-Blend Sebagai Bahan T-Shirt

2 min read

Apakah anda pernah bingung dengan banyak nya pilihan untuk membuat kaos anda? Kami dari Y&S ingin menjelaskan perbedaan dan keunggulan jenis bahan katun yang ada di pasar.

Jenis Bahan yang ada perlu tau di dunia Decorated Apparel.

Regular/Open-End Cotton dibuat dari kapas yang diproses menjadi serat katun. Lalu, serat katun ini dipelintir untuk menjadi benang.

Ring-spun Cotton berasal dari serat katun yang sama, namun ada proses tambahan. Proses tambahan ini kurang lebih mengambil waktu 50% lebih lama dari katun Open-End. Makaitu, biaya produksi benang ring-spun katun relatif nya lebih tinggi. Proses tambahan ini melintirkan dan menipiskan untaian katun dan menghasilkan serat kapas yang halus. Proses ini juga menghasilkan benang katun yang lebih kuat dengan handfeel yang lebih lembut. Oleh sebab ini, kaos Polos Y&S Eco-Soft mengunakan 100% Ringspun Cotton.

Combed Cotton: saat waktu panen katun/kapas, hasil panen ini akan dibersihkan untuk menyingkirkan kotoran dan biji katun baru di proses carding. Carding adalah proses yang memisahkan serat dan membariskan mereka untuk berbaring di arah yang sama. Saat katun di combed, proses ini  menyikat dengan halus semua kotoran tersisa bersama serat katun yang pendek. Kurang lebih 15% volume terbuang, hanya meninggalkan serat katun yang bersifat panjang dan lurus. Proses tersebut menghasilkan handfeel yang sangat lembut. Usaha sablon lebih memilih katun combed karena tinta yang diletakan lebih gampang dan konsisten karena serat katun combed tidak terlalu berbulu. Oleh sebab ini, kaos polos Y&S Ultra-Soft mengunakan 100% Ring-spun Combed Cotton.

Jenis Tinta Sablon dan Waktu Tepat Untuk Penggunaannya

Mari kita bahas jenis-jenis tinta yang paling sering digunakan usaha sablon manual/screen printing. Faktanya, tinta merupakan salah satu yang paling penting dalam hal sablon pakaian. Mungkin anda sudah tahu tentang sablon. Tapi, ada beberapa alternatif yang mungkin anda perlu pertimbangkan.

Tinta Discharge: Sablon discharge saat ini sangat terkenal di pasaran. Namun tinta ini tidak ramah lingkungan seperti tinta berbasis air namun menghasilkan warna yang lebih tajam. Tinta ini bisa dicetak dengan direct discharge, dye discharge atau dialas dibawah tinta water-based sehingga memberikan hasil yang lembut. Sebenarnya, tinta ini mencabut warna kaos dan merubah warna nya sehingga tak ada tinta yang dirasakan di  pakaian. Proses ini disarankan hanya di kaos katun yang di celup dengan reaktif dye. Oleh sebab itu, kaos polos Y&S Eco-Soft maupun Ultra-Soft mengunakan reaktif dye.

Tinta Berbasis Air/Water Based: Tinta berbahan dasar air ini sangat lembut dan paling ramah lingkungan  dibanding yang lain. Tinta ini cocok untuk anda yang suka mempertahankan profil hijau dan perusahaan yang memprioritaskan hasil cetakan yang lembut. Dengan bahan dasar air, tinta ini didesain untuk warna minimalis namun menghasilkan handfeel yang lembut.

Plastisol: Tinta ini umumnya tahan lama dan terlihat keren pada setip warna garmen. Diformulasikan untuk mencapai kecocokan warna yang superior, tinta ini banyak digunakan pada sablon apparel. Terbuat dari PVC dengan dasar minyak, tinta yang tertinggal setelah dicetak pasti terlihat dan kadang terlihat berkilau karena bahan PVC yang digunakan.

Jenis-jenis Bahan Pakaian

Seperti kita tahu bahwa kaos dan garmen lain pada umumnya menggunakan katun. Tetapi, apa saja yang bisa digunakan dalam percetakan selain katun?

100% Katun: Kelebihan dari bahan ini adalah kelembutannya. Banyak orang merasa ini lebih lembut dari kulit. Namun, kelemahannya adalah kecenderungan menjadi keriput dan menyusut. Jadi, katun membutuhkan perhatian lebih agar bisa terawat dengan baik.

CVC/Polyester Blend: Biasanya merupakan campuran antara katun dan polyester. Hal ini menghasilkan kaos yang lebih kuat, dan lebih tahan susut. Dengan adanya campuran polyester, kaos mengunakan bahan CVC tidak terlalu menyerap keringat. Makaitu, kaos polos model POLO Y&S Maxi-Soft yang merupakan bahan CVC ini sangat baik dan cocok sebagai seragam dan corporate event.

Jahitan Samping (Side-Seams) vs Built-Up (Tubular)

Mayoritas kaos modern memiliki desain yang terbuat dari tabung rajut sehingga tubuhnya tidak memiliki jahitan samping atau umum nya kaos built-up. Namun, kaos distro dan kaos ritel depstore umumnya bersandar kepada kaos dengan jahitan samping. Ini memungkinkan untuk fitment yang lebih sesuai dengan tubuh masing-masing saat dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *